TAHAPAN INDUKSI SUYET/OBYEK


1. Tahap Pra Induksi

Tahap ini adalah tahap sebelum melakukan induksi. Pada tahap ini, yang harus anda lakukan adalah mengajak si objek untuk berbicara ringan. Seperti :
Bagaimana kabar anda hari ini?

Oh, anda sekarang sudah kelas berapa?

Hmmm… Kesehatan anda kelihatannya bagus.
Intinya adalah menenangkan objek terlebih dahulu dan jangan sampai timbul ketegangan. Ingatkan pada objek bahwa hipnosis adalah aman dan baik, tidak berbahaya bagi si objek. Banyak hipnotis yang gagal menghipnosis hanya gara-gara pada tahap pra induksi gagal.
2. Tahap Tes Sugesti

Tes ini diberikan kepada objek agar kita tahu, seberapa peka objek menerima sugesti dan hipnosis. Hal yang harus anda katakan :

Tekhnik induksi pertama yang digunakan sebagai pelatihan.
“Sekarang coba anda pejamkan mata anda. Rilekskan tubuh anda terlebih dahulu. Saya ingin anda membayangkan, tangan kanan anda sekarang menggenggam satu bungkus cabe rawit. Cabe rawit itu warnanya merah dan baunya menyengat. Ada juga yang berwarna hijau kekilau-kilauan. Namun, anda meremas cabe rawit tersebut hingga hancur. Keluarlah air cabe rawit yang bening di tangan anda. Anda kemudian menjilat tangan anda dan merasakan pedasnya cabe tersebut. Cesss…… Rasanya sungguh pedas sekali dan anda mengeluarkan banyak air liur. Ok, sekarang buka mata anda.”
Tanyalah si objek apakah si objek mengeluarkan sedikit air liur di mulutnya. Jika :

– Objek mengeluarkan banyak air liur —> objek sangat peka dengan hipnosis

– Objek mengeluarkan sedikit air liur —> objek kurang peka namun masih bisa dihipnosis

– Objek tidak mengeluarkan air liur —> Kerja keraslah teman! Atau cari objek lain.
3. Tahap Induksi

Ini merupakan tahap yang paling penting dalam hipnosis. Kita akan menempatkan objek ke dalam Trance. Ok, ini agak sulit. Jangan mudah putus asa ya…
Suruhlah si objek untuk memandang ujung jari telunjuk anda (anda menegakkan jari telunjuk seperti angka 1). Anda boleh menggunakan apa saja, yang penting intinya dapat membuat si objek amat terfokus.
Ucapkanlah sugesti berikut :

“Sekarang anda memandang ujung jari telunjuk saya. Seiring anda memandang jari saya, anda akan rileks… Rilekskanlah tubuh anda sekarang…. Lemaskan semua otot-otot anda… Anda sekarang sangat rileks… sangat rileks… Jika anda mau, anda bisa memejamkan mata anda… Anda sekarang sangat rileks…. semua otot-otot anda akan lemas…”
Setelah kurang lebih 3 menit, suruhlah objek memejamkan mata dan ucapkanlah sugesti berikut :
“Pejamkanlah mata anda sekarang. Anda sudah letih pada hari ini karena segala aktivitas pada hari ini membuat anda amat lelah…. lelah… dan sangat lelah… Yang anda butuhkan sekarang hanya istirahat…. Anda merilekskan semua otot anda dan istirahatlah…. istirahatlah…. Kosongkan pikiran anda dan rilekslah… rilekslah… Tangan dan kaki anda semakin berat… makin berattt…. dan anda akan tertidur. Saya akan membawa anda dalam tidur yang pulas… tidur yang pulass… dan tidur yang nyenyak”
Note : tanda (…) adalah jeda dalam pengucapan.
4. Memperdalam Trance

Lebih mudah dari tahap induksi. Cukup anda ucapkan sugesti berikut :

“Sekarang saya akan menghitung mundur… Dari angka 10 sampai angka 1. Begitu sampai pada angka 1… anda akan semakin rileks dan tertidur… (tahan selama 15 detik). Ok, mari kita mulai.. 10…. 9… 8….. 7…. 6…. 5…. 4…. 3… 2… 1.. anda sekarang sudah tertidur pulas…”
Ada kemungkinan objek belum tertidur maka lakukan tes berikut :

Angkat tangan objek dan jatuhkan. Jika jatuhnya lemas, berarti dia sudah tertidur. Namun, jika belum, anda harus memperdalam trance lagi seperti sugesti tadi. Terus lakukan agar dia benar-benar masuk ke trance yang dalam.
5. Trance Testing

Ada tiga meteran dalam trance testing :
Low trance            —> Objek hanya memejamkan mata dan tidak tertidur.

Medium Trance      —> Saat dijatuhkan tangannya, sudah lemas.

Deep Trance          —> Saatnya memberikan sugesti, ditandai dengan si objek mengalami amnesia

Sementara. Objek akan lupa dengan namanya.
Ucapkan sugesti berikut :

“Siapakah nama anda?”

Mudah kan? jika objek diam dan tidak menjawab atau objek menjawab tidak tahu (lupa namanya), maka objek sudah berada di deep trance. Namun, jika objek masih menjawab dengan benar, perdalam trance dengan langkah sebelumnya.
6. Sugesti

Inilah tujuan utama dalam hipnosis. Yakni sugesti. Saya akan berikan satu contoh sugesti yang sederhana untuk hipnotis pemula.
Teddy Bear Hallucination

Sugesti :

“Setelah membuka mata anda nanti, anda akan melihat sebuah boneka beruang kecil di tangan kanan anda. Boneka beruang tersebut berwarna coklat dengan warna mata hitam dan sangat lucu. Anda akan terpesona dengan boneka tersebut dan akan menciumnya. Sekarang pada hitungan ketiga buka mata anda dan anda akan melihat boneka tersebut. Mari kita mulai 1…2…3.. buka mata anda.”

Jika si objek berhalusinasi melihat boneka beruang, maka selamat! anda telah berhasil menghipnosis. Dan lanjutkan ke langkah berikut.
7. Terminasi

Sekarang kita akan menghilangkan efek hipnosis.

Ucapkanlah sugesti berikut :

“Pejamkanlah mata anda kembali. Sekarang anda sudah tidak melihat boneka beruang tersebut. Setelah anda bangun nanti anda akan merasa sangat segar dan kuat. Pada hitungan kelima anda harus membuka mata anda dan bangun. Mari kita mulai. 1…2…3….4…5… buka mata anda”
Sudah selesai smua proses dan teknik hipnosis. Semoga ini bermanfaat bagi anda yang ingin belajar hipnosis. Jika anda mengalami kesulitan silahkan post kesulitan anda disini. Dan apabila anda gagal menghipnosis, jangan putus asa, teruslah mencoba. Semakin anda banyak menghipnosis, maka skill anda semakin meningkat.

Contoh script menginduksi suyet

Pada poin berikut ini saya akan memberikan contoh-contoh script teknik dasar induksi. Saya juga mohon saudara-saudara sekalian untuk menambahkan informasi apabila dirasa masih kurang.

Semoga bermanfaat.

Baik, saya akan memberikan contoh-contoh script teknik induksi kepada anda. Satu hal yang perlu diingat, bahwa script-script yang saya berikan tidak bermaksud untuk anda hafal. Saya ingin membuat anda mengerti alur scriptnya seperti apa, sehingga anda dapat membuat script anda sendiri yang mungkin lebih baik dari yang saya contohkan.
Script pertama yang akan dipelajari adalah script teknik fiksasi mata (eye fixation).
Mengapa teknik fiksasi mata? Sebab, teknik ini mudah dipelajari dan dapat dilakukan oleh para hipnotis pemula dan tidak berpengalaman sebelumnya. Teknik ini memanfaatkan konsentrasi dan pemusatan pikiran sadar suyet untuk menembus ke pikiran bawah sadar suyet. Konsentrasi dan fokus pada suatu objek secara terus-menerus dapat membuat pikiran sadar menjadi bosan dan akhirnya lengah. Dengan demikian, kita dapat memby-pass pikiran sadar dan langsung berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar suyet.
Teknik ini bagus untuk suyet tipe normal. Anda bisa menggunakan objek apa saja sebagai fokus perhatian. Sebagai contoh, fokus perhatian adalah sebuah titik di dinding. Mintalah kepada suyet untuk merilekskan tubuhnya di kursi (jika suyet duduk di kursi).

Katakanlah : “Duduklah dengan serileks mungkin. Ya, bagus seperti itu. Kaki menapak di lantai dan tangan di pangku.”
Pada tahap ini, anda memuji tindakan suyet yang merilekskan tubuhnya. Dengan demikian, suyet akan merasa sangat mudah mengikuti perintah anda dan proses induksi menjadi lebih mudah. Sebenarnya pada saat memuji tersebut, anda sudah meng-edukasikan pikiran suyet agar menuruti ucapan anda. Dan sekarang, mintalah suyet untuk menatap sebuah titik di dinding. Saya sarankan titik tersebut sedikit di atas mata suyet. Dengan demikian, otot-otot mata suyet akan lebih mudah lelah dan suyet dapat dengan mudah masuk ke dalam kondisi trance.
Script :
Sekarang, saya meminta anda untuk memfokuskan perhatian pada titik ini

(tunjukkan titiknya).

Tataplah titik itu terus menerus…

fokuslah pada titik tersebut sambil mendengar suara saya…

Anda sekarang mendengar suara saya…

jika anda tidak mendengar juga tidak apa-apa..

yang penting anda terus fokus pada titik itu..

konsentrasi penuh pada titik itu…

titik itu dapat membawa anda ke dalam kondisi hipnosis yang dalam…

dapat membawa anda lebih rileks…

dan sangat rileks…

Semakin lama anda menatap titik itu…

anda semakin rileks… sangat rileks…

anda terus menatap titik tersebut…

kelopak mata anda semakin berat…

anda merasakan mata anda akan menutup….

semakin lama anda menatap titik itu, anda semakin lelah….

sangat lelah… dan akan tertidur…

anda mulai mengedipkan mata…

anda merasa kelopak mata anda semakin berat…

dan anda akan menutup mata…

(jika, suyet mengedipkan mata)

bagus, mata anda berkedip…

anda semakin lelah menatap titik itu…

sangat lelah… anda menutup mata… semakin rapat…

bagus…rileks sekali…. semakin rileks…

anda merasakan sensasi rileks yang begitu dalam….

rileks yang tidak pernah anda rasakan sebelumnya…

bagus… sangat dalam…

Script berikutnya adalah teknik Relaxation atau Fatigue of Nervous System.
Script ini berguna bagi suyet tipe normal. Teknik ini memanfaatkan kebosanan pada pikiran sadar suyet sehingga suyet dapat masuk ke dalam trance. Inti dari script adalah membuat suyet merasakan rileks/relaksasi yang sangat dalam. Relaksasi dapat memby-pass pikiran sadar suyet sehingga pikiran bawah sadar suyet menjadi aktif. Berikut adalah contoh script teknik :
Script :
“Baik, sekarang tolong anda duduk dengan santai, ya.. bagus..

kaki tidak disilangkan dan menapak lantai…

tangan berada di pangkuan… ya.. bagus…

Sekarang pejamkanlah mata anda…

tolong jangan membuka mata anda sampai saya minta anda buka…

Sekarang rilekskan tubuh anda… rileks.. santai…

tariklah nafas yang panjang… dan hembuskan secara perlahan-lahan…

sangat rileks… tubuh anda terasa rileks sekali…

tarik nafas yang panjang… hembuskan perlahan-lahan….

anda semakin rileks…. rasakan relaksasi ini… sangat dalam… sangat rileks….

rasakan sensasi nafas anda…nyaman… dan nikmatilah….

rasakan udara masuk melalui hidung…

masuk ke paru-paru… udara yang begitu nyaman…

sangat rileks… lihat nafas anda… sangat panjang… sangat rileks…

otot-otot wajah anda mulai rileks…

kepala anda mulai tertunduk… anda sangat rileks…

(kepala suyet tertunduk)

ya, bagus… kepala anda menunduk… anda sangat rileks…

rasakan kenyamanan relaksasi ini…. sangat nyaman…

anda semakin tertidur… tidur yang lelap… tidur yang nyenyak…

sangat lelap dan sangat nyenyak….

saya akan menghitung mundur..

dari angka 5 sampai angka 1… pada hitungan angka 1..

anda merasakan 10 kali lebih rileks…

Ok, saya mulai…

5…anda rileks…

4 semakin rileks dan sangat nyaman…

3 anda sangat rileks…tubuh anda mulai lelah… dan anda akan tidur….

2 anda sangat rileks… dan rasa tidur sangat kuat…tubuh anda lelah..sangat rileks…

1 (jentikkan jari anda) anda 10 kali lebih rileks dan tidur nyenyak….

nyenyak….lelap sekali…. sangat lelap…”

Setelah mengucapkan script tersebut, ucapkan pertanyaan ini

“Jika anda mendengar suara saya, tolong anda gerakkan jari ini (sentuh salah satu jari suyet)”

Jika jari suyet bergerak dengan lamban dan lemah, paling tidak suyet berada di medium trance. Namun, jika gerakkan tangannya masih lemah, anda harus menginduksikan suyet lebih dalam lagi.

Teknik ini memanfaatkan dua jari suyet.

Suruhlah suyet untuk menggabungkan kedua tangannya dan membentuk kepalan gabung. Buat jari telunjuk kiri dan jari telunjuk kanan suyet memisah. Sugestikan bahwa kedua jari itu merupakan dua kutub magnet yang saling tarik menarik.
Script :

“Tolong anda fokus pada kedua jari anda…

terus pandang kedua jari anda…

rasakan ada semacam magnet di antara kedua jari anda yang saling tarik menarik…

jari anda semakin menyatu….

tarikan magnet semakin kuat… sangat kuat….

semakin kuat tarikan magnet itu..

anda semakin rileks…

santai dan rileks…

kedua jari anda semakin menyatu…

anda semakin rileks.. sangat rileks…

santai… semakin nyaman….

tarikan magnet lebih kuat…

lebih kuat lagi… sangat kuat…

jari anda makin menyatu…

anda semakin rileks… sangat-sangat rileks…

(ketika kedua jari suyet menyatu, sentuh dahinya dan katakan : Tidur Sekarang!) “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: