Parapsikologi

Memahami Parapsikologi

Pengalaman luar biasa

Anda pernah mengalami hal-hal luar biasa dalam hidup Anda? Pengalaman itu benar-benar sangat berbeda dengan pengalaman Anda biasanya. Anda seperti berubah menjadi orang lain saat itu. Kadang, Anda seolah-olah berada di dunia yang berbeda.

Pengalaman luar biasa tidak eksklusif. Banyak orang mengalaminya. Mungkin, Anda juga. Anda bisa mengalami pengalaman luar biasa hampir dalam segala aspek dalam kehidupan. Misalnya saat jatuh cinta, Anda merasakan dunia yang luar biasa yang sangat berbeda dengan biasanya. Lalu saat membaca sebuah buku atau menonton film di mana Anda begitu terlarut di dalamnya. Seolah-olah Anda merupakan bagian ceritanya. Atau saat Anda menemukan ide kreatif yang mengejutkan Anda sendiri bahwa Anda bisa.

Salah satu pengalaman luar biasa yang sering dilaporkan orang adalah peningkatan performa. Biasanya performanya biasa-biasa saja, tiba-tiba menjadi sangat luar biasa. Misalnya saat Anda tiba-tiba bisa bermain sepakbola luar biasa dan tak kenal lelah padahal biasanya bermain 10 menit sudah ngos-ngosan. Begitu juga Anda bisa menulis karya hebat, mencipta musik fenomena, dan karya seni agung pada saat Anda mengalami pengalaman luar biasa itu. Dalam kondisi normal, Anda tidak mampu melakukannya.

Pengalaman luar biasa di atas masih merupakan pengalaman pada hal-hal yang normal. Namun mungkin Anda juga pernah mengalami pengalaman luar biasa seperti melihat hantu, bermimpi gempa ternyata ada gempa sungguhan, mengatakan akan ada yang datang dan tiba-tiba betul ada yang datang, atau yang lainnya. Pengalaman luar biasa itu sesuatu yang tidak normal. Berikut adalah pengalaman-pengalaman luar biasa tidak normal yang sering dilaporkan orang.

  1. Mengaku melihat hantu dan bahkan mampu menggambarkan bentuk rupa hantu dalam lukisan.
  2. Merasa akan bertemu seseorang dari masa lalu, ternyata betul-betul bertemu dengan teman saat sekolah dasar.
  3. Mimpi terjadinya sesuatu, dan ternyata hal itu benar-benar terjadi
  4. Tanpa tahu mengapa sangat terdorong untuk membatalkan kepergian naik alat transportasi tertentu, dan ternyata alat transportasi itu mengalami kecelakaan.
  5. Menyembuhkan orang dari jarak jauh
  6. Mampu membengkokkan sendok dengan pikiran dan mampu meramalkan headlines berita suratkabar (Dedi Corbuzier)
  7. Ada yang mati suri, dan ketika hidup lagi mengaku telah mengalami alam kematian.

Fenomena luar biasa yang banyak dialami orang itu, mungkin termasuk Anda, disebut fenomena paranormal atau fenomena psi. Bagaimanapun, pengalaman luar biasa itu merupakan bagian dari pengalaman psikologis manusia. Oleh sebab itu, fenomena paranormal juga perlu diketengahkan. Dalam ilmu psikologi ada juga cabang tersendiri yang khusus mempelajari fenomena paranormal, yakni parapsikologi.

Apakah arti paranormal?

Anda pasti sering mendengar kata paranormal. Di negeri kita, kata tersebut lazim sekali digunakan untuk orang-orang yang dianggap memiliki kekuatan luar biasa atau menjadi kata lain untuk dukun. Beberapa di antaranya sangat terkenal, laiknya selebritis, seperti Ki Gendeng Pamungkas, Permadi, sampai Ki Joko Bodo. Mereka dianggap mampu melakukan hal-hal luar biasa yang tidak bisa dilakukan manusia biasa lainnya. Termasuk di antara kemampuan luar biasanya adalah kemampuan menyantet. Pada saat Presiden AS, George W. Bush datang ke Indonesia, Ki Gendeng Pamungkas muncul di TV dan menyatakan mau menyantet Presiden Bush.

Paranormal berasal dari bahasa Yunani. ‘Para’ artinya ‘di luar’ atau ‘melampaui’, dan normal. Jadi dari asal katanya, paranormal berarti sesuatu di luar normal atau melampaui hal-hal normal. Secara definitif, paranormal adalah istilah yang digunakan untuk segala jenis fenomena psikis, pengalaman atau kejadian yang terlihat memiliki hubungan dengan jiwa (psike) atau pikiran (mind), dan yang tidak dapat diterangkan dengan prinsip-prinsip fisika.

Jadi, jika ki Gendeng Pamungkas, benar-benar mampu menyantet. Maka dia bukan paranormal. Mungkin lebih tepat jika Ki Gendeng Pamungkas disebut paranormalis. Santet itu sendiri yang dianggap paranormal. Salah satu bentuk santet yakni memasukkan jarum, lidi, ijuk ke dalam tubuh seseorang dari jarak jauh, tanpa pernah kontak dengan objeknya, tidak dapat diterangkan dengan hukum-hukum fisika saat ini.

Anda pernah menonton film Star Wars? Dalam film itu ditunjukkan bahwa orang bisa bepergian dari satu tempat ke tempat lain antar galaksi dalam bentuk cahaya. Jika mau berangkat merubah diri menjadi cahaya. Jika sudah sampai, lantas merubah diri lagi menjadi materi. Barangkali, santet bekerja dalam prinsip demikian itu. Ijuk sebagai materi berubah menjadi cahaya, begitu sampai di perut seseorang berubah lagi menjadi materi ijuk. Namun itu hanya kemungkinan penjelasan. Sampai saat ini tidak ada hukum fisika yang bisa menerangkan perubahan itu, bahkan hukum fisika yang diketahui saat ini menyatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. Intinya, santet tidak dapat diterangkan dengan hukum fisika, dan oleh sebab itu santet adalah gejala paranormal.

Apakah arti psi?

Psi adalah kata lain untuk paranormal. Jadi, psi juga merupakan istilah untuk semua jenis fenomena psikis, pengalaman atau kejadian yang terlihat memiliki hubungan dengan jiwa (psike) atau pikiran (mind), dan yang tidak dapat diterangkan dengan prinsip-prinsip fisika.

Selanjutnya, dalam buku ini akan digunakan istilah psi saja. Tidak digunakannya istilah paranormal karena pengertian populer di masyarakat tentang paranormal juga menyangkut orang yang melakukan tindak paranormal. Oleh sebab itu bisa menjadi rancu.

Ada istilah lain yang kadang digunakan untuk menjelaskan fenomena psi, yakni gaib atau anomali. Gaib atau anomali adalah fenomena luar biasa yang terjadi diluar nalar ilmu pengetahuan biasa. Dengan penjelasan biasa, Anda tidak bisa menerangkannya. Gaib dan psi sedikit berbeda. Gaib mencakup hal-hal di luar diri manusia yang tidak dapat diterangkan dengan nalar ilmu pengetahuan biasa, misalnya UFO (piring terbang), segitiga bermuda, monster di danau Lochness, bigfoot di Himalaya, dan lainnya. Sedangkan psi hanya jika sesuatu yang tidak dapat diterangkan nalar pengetahuan itu diperkirakan memiliki kaitan dengan pikiran atau jiwa seseorang.

Salah satu kejadian gaib adalah yang pernah saya alami sendiri saat SMA. “Suatu malam, BKKBN atau badan yang mengurusi Keluarga Berencana (KB), memutar film layar tancap di lapangan. Saya bersama orang sekampung menontonnya (kampung saya saat itu termasuk terpencil, jarak terdekat dengan kampung lain tidak kurang dari 3 km). Menjelang film usai, saya melihat cahaya meteor meluncur cepat dari atas langit. Ternyata, tidak seperti meteor umumnya, makin lama pergerakannya makin lambat. Terlalu lambat untuk sebuah meteor. Lebih mirip seperti gerakan pesawat yang melambat. Tampak jelas kalau ‘meteor’ itu akan jatuh tidak jauh dari lapangan. Lalu tiba-tiba, seperti kembang api, meteor itu meledakkan cahaya (tanpa suara ledakan) menjadi berwarna merah, kuning dan hijau dan menyinari cukup terang dedaunan rimbun di sebuah kebun yang berjarak hanya kira-kira 100 meter dari lapangan.”

Menurut Anda apakah mungkin itu meteor? Jika meteor, mengapa melambat  dan kemudian memendarkan cahaya pelangi? Meteor tidak berperilaku seperti itu. Jika Anda menganggap kembang api, adakah kembang api yang meluncur seperti meteor dari langit jauh meluncur sampai ke bawah (tidak kurang dari 1 menit saya melihatnya)?  Jika bukan meteor dan kembang api, lalu apa?

Semula saya berpikiran kalau saya salah lihat atau hanya halusinasi saja. Saya bertanya pada teman-teman apakah ada yang melihatnya juga. Ternyata, dari sekian  banyak orang, ada beberapa yang mengaku melihatnya juga. Jadi, itu bukanlah halusinasi dan tidak mungkin salah lihat. Pertanyaannya, fenomena apakah itu? Sampai saat ini saya belum tahu jawabannya”

Buku ini tidak membahas hal-hal gaib. Buku ini adalah tentang fenomena psi manusia. Hal-hal gaib bisa saja merupakan fenomena psi. Namun sepanjang belum diketemukan adanya kaitan antara fenomena gaib itu dengan pikiran atau jiwa seseorang, maka belum bisa dikatakan fenomena psi. Hanya jika sesuatu yang gaib itu diperkirakan memiliki kaitan dengan pikiran atau jiwa, barulah yang gaib itu disebut psi.

Apa saja bentuk-bentuk psi? Secara garis besar ada dua jenis psi, yaitu psi-gamma dan psi-kappa. Psi-gamma adalah paranormal pikiran, yakni ESP (extra sensory perception) atau lebih dikenal di masyarakat sebagai indera keenam. Psi-kappa adalah paranormal tindakan. Contohnya membengkokkan sendok dengan pikiran, atau menyantet.

Secara keseluruhan ada banyak fenomena yang bisa digolongkan dalam fenomena psi.  Beberapa di antara fenomena psi adalah telepati (koneksi antar pikiran), clairvoyance (perolehan informasi dari jarak jauh atau dari ruang dan waktu yang berbeda), precognition, psikokinesis, pengobatan psi (termasuk pengobatan jarak jauh), poltergeist, reinkarnasi, pengalaman sesudah mati (mati suri), pengalaman menjelang mati, dowsing, dan  remote vieweing (secara lengkap akan dibahas di bab 2)

Apakah informasi psi?

Informasi psi adalah segala macam informasi yang Anda terima terkait dengan fenomena psi. Misalnya dorongan hati agar tidak jadi naik pesawat terbang yang ternyata kemudian jatuh ke laut. Lalu misalnya mimpi bertemu dengan teman yang berpamitan pada Anda, tahu-tahu besoknya teman Anda itu meninggal.

Bagaimana suatu informasi bisa disebut psi? Agar disebut psi, informasi itu memiliki hubungan yang secara kualitatif berbeda dengan cara normal manusia. Informasi itu mesti berbeda dengan komunikasi verbal maupun nonverbal yang biasa, berbeda sensasi dengan yang biasa dirasakan, berbeda juga dengan gerakan tubuh biasanya. Jika tidak berbeda, bukan psi namanya.

Misalkan Anda tertidur ketika menonton televisi. Jadi gantian, televisi yang kemudian menonton Anda. Nah, saat itu Anda bermimpi ada pembunuhan sadis. Pagi harinya, Anda mengetahui adanya pembunuhan sadis di kota Anda. Jadi, seolah-olah Anda telah meramalkan kejadiannya. Pertanyaannya, apakah Anda mengalami pengalaman psi?

Bisa jadi Anda mengalami pengalaman psi, bisa jadi tidak. Boleh jadi televisi tengah menayangkan berita tentang pembunuhan atau film tentang pembunuhan. Informasi yang Anda dengar dalam keadaan tidur itu masuk ke otak Anda dan lantas diolah otak menjadi mimpi. Hal itu sangat mungkin. Otak Anda memiliki kemampuan untuk tetap mengolah informasi yang masuk ke indera Anda. Misalnya saat orang ngelindur, tidak jarang bisa diajak bercakap-cakap. Itu bukti bahwa orang tidur bisa merespon. Dalam kasus ekstrim, orang yang mengalami koma dan hampir mati, ketika sadar bisa menerangkan kembali apa saja yang telah terjadi di sekelilingnya saat tidak sadar. Jadi, boleh jadi, informasi pembunuhan dalam mimpi yang Anda alami bukanlah psi.

Para ahli parapsikologi mengakui bahwa seseorang mungkin menerima lebih banyak informasi psi dari yang disadari. Semacam gunung es. Hanya sedikit informasi yang muncul di permukaan dan Anda sadari. Sebagian besar ada di bawah permukaan dan tidak Anda sadari. Informasi psi mungkin baru bisa Anda terima dalam keadaan tidak sadar, serta dalam kondisi tubuh dan pikiran rileks. Atas alasan ini, banyak ahli sedang berusaha meneliti kondisi-kondisi dan teknik-teknik yang membuat seseorang mampu mendeteksi lebih baik informasi psi yang diterima. Sampai saat ini dipercaya bahwa mimpi, relaksasi yang dalam, meditasi, dan hipnosis meningkatkan kepekaan terhadap informasi psi.

Yoga, salah satu teknik olah tubuh untuk membuat tubuh dan pikiran dalam kondisi rileks, dipercaya dapat juga meningkatkan kepekaan terhadap informasi psi. Pada jaman dulu, ada legenda yang menyebutkan bahwa untuk menjadi sakti seseorang harus bertapa menyepi dan puasa berbulan-bulan lamanya. Kadang kala malah bertahun-tahun. Boleh jadi, bertapa dan puasa itu merupakan teknik mereka untuk meningkatkan kepekaan terhadap informasi psi yang mereka terima.

Apakah kemampuan psi dimiliki semua orang?

Pertanyaan penting tentang psi adalah apakah psi dimiliki setiap orang atau hanya dimiliki oleh mereka yang diberkahi khusus? Pemahaman populer masyarakat menyebutkan bahwa psi hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki bakat istimewa saja. Apakah hal tersebut benar?

Sebuah penelitian, yang diberi nama ‘ganzfeld’ dirancang untuk membuktikan asumsi tersebut. Prosedur ganzfeld adalah sebuah prosedur penelitian yang dilakukan untuk membuktikan apakah seseorang bisa atau sanggup mendeteksi dan mengirimkan informasi psi. Penelitian tersebut dilakukan di Maimonides Hospital dan Psychophysical Research Laboratories di Princeton, Amerika Serikat.

“Ada dua kelompok orang yang diteliti, yakni pengirim pesan dan penerima pesan. Para penerima pesan dikondisikan untuk mengalami keadaan mirip mimpi. Mata para penerima pesan ditutupi bola pingpong yang digerakkan sehingga tercipta pola visual pada penerima pesan berupa terang-gelap. Pada saat bersamaan mereka mendengarkan suara berisik yang tidak berpola (dua suara dari dua radio FM). Dengan cara ini, penerima pesan dikelilingi oleh area sensorik yang sama, yang membuat mereka berada dalam keadaan antara jaga dan tidur.

Pengirim pesan berada dalam ruangan berbeda. Sang pengirim pesan memilih secara acak sebuah gambar atau video klip dari banyak pilihan yang tersedia. Pilihan itu secara langsung ditayangkan dalam layar monitor di ruangan lain. Hanya sang pengirim pesan yang tahu gambar atau video klip apa yang dipilihnya. Pengirim pesan berkonsentrasi pada gambar atau video klip pilihannya. Lalu penerima pesan diharapkan untuk mendeskripsikan apa yang ada dalam pikirannya. Penerima pesan mendeskripsikan dengan suara keras semua yang dipikirkannya dan semua bayangan yang diingatnya. Peneliti merekam semua yang dikatakan penerima pesan.

Pada akhir penelitian, empat gambar yang berbeda (salah satunya gambar yang dipilih pengirim pesan) ditampilkan dalam monitor di ruangan penerima pesan. Berdasarkan bayangan mental yang dialami, penerima pesan harus menyebutkan mana gambar yang dikirim oleh pengirim pesan. Penerima pesan hanya memiliki sekali kesempatan menyebutkan. Ternyata, penerima pesan jauh lebih sering mampu menyebutkan dengan benar pilihan pengirim pesan. Mereka cenderung benar. Kadang kala malah sangat akurat deskripsinya.”

Setelah ribuan orang mengikuti eksperimen tersebut dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun, bukti-bukti semakin bertumpuk menguatkan pendapat bahwa semua orang memiliki kemampuan psi. Hanya saja ada yang mampu memaksimalkannya, dan sebagian besar yang lain hanya mendiamkannya saja. Mereka yang dianggap diberi bakat istimewa sangat dimungkinkan hanya karena mereka mampu memanfaatkannya lebih maksimal. Secara potensial, psi ada pada setiap manusia.

Ada sebuah temuan yang menarik dari beberapa penelitian, yakni bahwa orang lebih akurat menebak pada kesempatan pertama daripada kesempatan selanjutnya. Sepertinya, kesempatan pertama lebih bersih dari berbagai pengaruh pertimbangan sehingga lebih mungkin merupakan fenomena psi. Setidaknya itu juga diyakini masyarakat umum. Banyak penjudi nomor buntut bertanya pada sembarang orang nomor apa yang dipikirkan. Jawaban yang spontan dan pertama kali dari orang itu digunakan sebagai nomor taruhan. Adapun jawaban kedua atau yang dipikirkan dulu tidak akan dipakai. Jawaban pertama dan spontan dianggap masih bersih dan dinilai sebagai  fenomena psi.

Apakah arti parapsikologi?

Parapsikologi adalah kajian ilmiah tentang fenomena psi. Dalam parapsikologi, fenomena psi betul-betul dipelajari dalam prosedur penelitian ilmiah yang ketat dan terukur. Berbagai pusat penelitian tentang psi ada di berbagai universitas di dunia, misalnya di Duke University, Amerika Serikat (pada tahun 1930-an berdiri laboratorium parasikologi pertama di dunia di universitas ini. Jb Rhine, pendirinya, kemudian dikenal sebagai bapak parapsikologi modern), dan di Edinburg University, Skotlandia. Bahkan universitas dunia, sekelas universitas Harvard dan Stanford, di Amerika Serikat, menawarkan juga studi tentang psi.

Kelompok studi tentang psi yang pertama kali berdiri adalah Society for Psychical Research, pada tahun 1882 di London, Inggris. Menyusul dua tahun kemudian berdiri kelompok studi serupa di Boston, Amerika Serikat. Sejak saat itu pula sampai hari ini, penelitian tentang psi masih belum meyakinkan banyak orang tentang keberadaannya. Bahkan sebagian ilmuwan jelas-jelas menolak bahwa psi itu ada. Namun meskipun masih kontroversial di kalangan ilmuwan, rakyat kebanyakan umumnya mempercayainya.

Meskipun, seperti kita ketahui ada banyak fenomena psi. Para ahli parapsikologi biasanya hanya berkonsentrasi mempelajari empat macam yang utama saja, yakni telepati, clairvoyance, prekognisi dan psikokinesis. Fenomena psi yang lain belum mendapatkan perhatian yang memadai. Bahkan meskipun diketahui bahwa fenomena psi ditemukan hampir di semua budaya. Boleh dibilang tidak ada budaya yang tidak mengenal psi. Di masyarakat, berkembang juga berbagai macam ilmu tentang astrologi, sihir, dan sulap. Namun, hal-hal tersebut bukan studi ilmiah sehingga harus dibedakan dengan parapsikologi.

Skeptisme terhadap fenomena psi

Kepribadian suka berfantasi

Tidak mudah untuk bisa mengklaim hal luar biasa yang Anda alami sebagai fenomena psi. Perlu sangat berhati-hati sebelum mengambil kesimpulan. Bisa saja yang Anda alami sebenarnya bukan fenomena psi sama sekali.   Ada beberapa hal yang sebenarnya fenomena normal biasa lantas dianggap sebagai fenomena psi karena ketidaktahuan.

Meskipun tidak banyak jumlahnya, ada orang-orang yang memiliki kecenderungan berfantasi sangat tinggi. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk berfantasi. Tidak sekedar fantasi biasa, mereka bahkan merasa benar-benar bisa melihat, membaui dan menyentuh apa yang difantasikan. Seolah-olah fantasinya benar-benar nyata baginya. Mereka cenderung berhalusinasi, mudah dihipnotis, memiliki ingatan mendetail mengenai pengalaman hidup mereka. Tidak mengherankan jika mereka juga cenderung melaporkan mengalami peristiwa parapsikologi atau psi.

Selain itu, halusinasi juga sering dilaporkan sebagai gejala psi. Halusinasi adalah pengalaman yang dicirikan  kehadiran sebuah objek yang menyebabkan suatu peristiwa terjadi, namun secara nyata objek itu tidak ada. Nah, boleh jadi seseorang akan mengklaim benar-benar menghadapi suatu penampakan tertentu, padahal sebenarnya hal tersebut hanya halusinasi.

Efek plasebo atau penyembuhan diri

Penyembuhan psi atau paranormal mungkin tidak benar-benar karena kekuatan psi, namun karena efek plasebo atau mekanisme penyembuhan diri. Pada beberapa kasus, sungguh-sungguh terjadi seseorang sembuh dari penyakit kronis tanpa intervensi apapun. Si sakit sembuh dengan sendirinya. Dengan kata lain orang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Hal tersebut dikenal dengan istilah ‘remisi spontan’. Situasi tersebut merupakan hal normal dalam dunia medik.

Kita tahu bahwa ada beberapa jenis sakit yang disebabkan karena faktor pikologis atau faktor mental, misalnya sakit kepala, rasa mual, insomnia, dan sembelit. Oleh sebab itu, dengan kondisi psikologis atau mental yang tepat, maka seseorang bisa sembuh dengan sendirinya.

Tanpa pelatihan psikologis, seseorang dapat juga menyembuhkan dirinya sendiri karena efek plasebo. Jika percaya bahwa suatu obat bisa menyembuhkan, maka tubuh bereaksi positif terhadap obat yang diberikan, sehingga sembuh. Meskipun obat itu sebenarnya hanya vitamin. Diketahui bahwa plasebo memberikan efek dalam penyembuhan diabetes, bisul perut, artritis, penyakit parkinson, sakit terkena radiasi, dan lainnya. Bahkan, secara mengejutkan, pada laki-laki maupun perempuan yang menginginkan pertumbuhan rambut, lantas hanya diberi plasebo, 11% di antaranya benar-benar mengalami pertumbuhan rambut.

Biasanya orang yang datang ke penyembuh psi (ke kaum paranormal), karena telah putus asa dan berhenti berharap bisa disembuhkan oleh pengobatan medik. Jadi, banyak yang merasa bahwa datang ke praktisi paranormal adalah harapan terakhirnya. Dalam kondisi tersebut, mereka mudah berada dalam keadaan super-tersugesti, dan memiliki harapan sangat tinggi. Oleh sebab itu mekanisme penyembuhan dirinya juga meningkat tajam sehingga bisa sembuh. Jadi, sembuhnya sakit bukan karena kemampuan psi si praktisi paranormal, tapi oleh ketidaksadarannya sendiri.

Oleh sebab itu bisa saja terjadi bahwa penyembuhan psi sebenarnya hanyalah efek plasebo. Bukan benar-benar karena adanya kekuatan mental yang diarahkan dari penyembuh kepada si sakit. Sembuhnya si sakit lebih karena faktor sosial dan psikologis yang memicu mekanisme penyembuhan diri sendiri melalui ketidaksadaran si sakit sendiri.

Penelitian mengenai praktek penyembuhan yang dilakukan oleh para saman (dukun) pada suku-suku Indian Amerika Utara, oleh antropolog Claude Levi-Strauss, menunjukkan hal serupa. Penyembuhan lebih banyak tergantung karena kepercayaan masyarakat dan si sakit terhadap dukun, ketimbang karena kemampuan dukun. Bahkan, kemampuan dukun justru dinilai paling tidak penting.

Besarnya tingkat kepercayaan masyarakat di negeri kita terhadap fenomena psi, sangat boleh jadi membuat penyembuhan psi (sering diistilahkan dengan penyembuhan alternatif) menjadi sangat efektif. Itulah sebabnya, praktek-praktek pengobatan alternatif tumbuh subur di mana-mana.

Sangat sulit membedakan penyembuhan diri dengan penyembuhan psi. Bagaimanapun, masih terdapat cukup alasan untuk tidak begitu saja mempercayai penyembuhan psi benar-benar hasil  dari kekuatan psi. Sebaliknya, juga tidak mudah mengklaim bahwa penyembuhan psi hanya karena efek plasebo.

Namun memang ada bukti bahwa penyembuhan jarak jauh dimana penyembuh tidak pernah bertemu dengan yang disembuhkannya, benar-benar efektif. Hanya dengan melihat foto, penyembuh mengirimkan sinyal penyembuhan. Hal tersebut tanpa diketahui pasien. Hasilnya, kondisi pasien mengalami perubahan

Paranormal palsu

Anda datang menemui praktisi paranormal untuk tahu masa depan Anda. Maka, yang akan dilakukannya pertama kali adalah melakukan ‘pembacaan’ terhadap Anda. Ia akan mencoba menelisik diri Anda. Sebaliknya, Anda juga berupaya untuk mencari tahu apakah orang itu benar-benar paranormal atau hanya penipu atau dukun klenik biasa.

Umumnya masyarakat mempercayai adanya orang-orang yang menipu orang lain dengan mengaku-aku sebagai paranormal. Bahkan, mereka yang sangat skeptik, mengklaim bahwa semua praktisi paranormal adalah penipu.

Anda bisa mendeteksi paranormal palsu. Biasanya paranormal palsu mendapatkan informasi dari Anda melalui penampakan-penampakan yang Anda tampilkan dan melalui teknik interview yang brilyan. Mereka bisa menarik kesimpulan dari beragam tAnda-tAnda yang ada pada Anda, dan dikombinasikan dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliknya.

Paranormal palsu memberikan perhatian pada detail penampakan klien dan perilakunya (berat tubuh, bahasa tubuh, postur, pakaian dan perhiasan yang dikenakan, gaya bicara, pilihan kata yang digunakan, dan sebagainya). Dari hal-hal tersebut, paranormal palsu bisa mengambil kesimpulan tentang status sosial ekonomi, gaya hidup, dan sifat kepribadian. Paranormal juga tahu dari pengalaman, bahwa mereka yang datang ke paranormal biasanya karena bermasalah di seputar pekerjaan, keuangan, kesehatan maupun hubungan dengan orang lain. Mereka akan mengajak Anda berbicara (sebuah interview terselubung) sembari memperhatikan segala tingkah laku Anda.

Dari data-data yang diperolehnya tentang Anda, paranormal palsu akan membuat kesimpulan tentang Anda. Kesimpulan itu sendiri, sebenarnya kesimpulan umum, yang bisa digeneralisasikan juga untuk orang lain. Namun,  Anda bisa terperangah, terkejut dan kagum dengan ketepatan yang dibuat sang paranormal palsu itu, karena benar-benar sesuai menggambarkan diri Anda. Padahal, siapa pun yang cukup terlatih akan bisa melakukan hal tersebut. Psikolog yang cukup terlatih juga akan mampu melakukan hal yang sama.

Berbeda dengan paranormal palsu, mereka yang merupakan paranormal asli, tidak memerlukan observasi atau wawancara terhadap Anda.

Alasan bersikap skeptis terhadap parapsikologi

Fenomena psi merupakan fenomena yang masih terus menimbulkan perdebatan hangat hingga hari ini. Sebagian ilmuwan sama sekali skeptik tentang keberadaannya. Apalagi, setelah hampir 130 tahun berbagai pengujian ilmiah dilakukan untuk membuktikan psi, data yang dikumpulkan tetap belum terlalu meyakinkan. Pada tahun 1987, U.S. National Academy of Sciences, bahkan membuat kesimpulan bahwa “komite tidak menemukan justifikasi ilmiah dari penelitian selama 130 tahun tentang keberadaan fenomena psi.”

Sebuah workshop lalu diadakan di Amerika Serikat. Workshop tersebut dilaksanakan pada 30 September 1988, dan menghadirkan pakar parapsikologi, pakar-pakar dibidang lain yang berhubungan, serta para pengkritik parapsikologi. Belum ada kesimpulan bulat yang diambil dalam workshop tersebut apakah benar psi ada atau tidak. Namun, workshop itu menegaskan bahwa penelitian-penelitian mengenai fenomena psi tetap perlu dilakukan.

Berbeda dengan kalangan ilmuwan. Masyarakat umum justru kebanyakan percaya akan fenomena psi. Di negeri kita, perbincangan mengenai fenomena psi adalah perbincangan sehari-hari. Sudah biasa orang berbicara tentang hantu atau tentang  pengobatan paranormal (pengobatan psi). Orang-orang yang melakukan praktek paranormal sangat banyak jumlahnya. Mereka bahkan berani mengiklankan praktek penyembuhannya dalam media massa umum bertiras besar. Hal mana menyimpulkan bahwa mereka cukup percaya diri praktek penyembuhannya bakal diterima masyarakat.

Hingga hari ini, terdapat setidaknya 2 posisi terhadap fenomena psi, yakni percaya bahwa fenomena psi itu ada versus tidak percaya bahwa fenomena psi itu ada. Mereka yang tidak percaya disebut kaum skeptik, yakni orang yang meminta bukti-bukti masuk akal dan logis untuk bisa mempercayai. Selama bukti-bukti itu tidak ada, maka tidak ada alasan untuk mempercayainya. Para kaum skeptik butuh bukti.

Termasuk di dalam kaum skeptik adalah mereka yang secara membabibuta tidak percaya adanya fenomena psi. Apapun yang terkait dengan fenomena psi ditolak mentah-mentah. Bahkan meskipun dibuktikan melalui pengukuran yang cermat di laboratorium.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sikap skeptik terhadap parapsikologi. Pertama. Alasan masyarakat ilmiah bersikap skeptis terhadap fenomena psi, adalah karena fenomena tersebut tidak memiliki basis hukum-hukum alam yang diketahui. Artinya, tidak satu pun hukum fisika atau kimia yang diketahui yang bisa menerangkan fenomena tersebut. Dengan kata lain, tidak ada satu pun teori yang bisa menjelaskan fenomena psi. Penelitian-penelitian yang ada cenderung berupaya membuktikan apakah fenomena psi ada atau tidak. Penelitian-penelitian itu belum mampu menjelaskan proses-proses yang terjadi dalam fenomena psi.

Kedua. Media massa dan publik sering mencampur-adukkan antara parapsikologi dengan keyakinan tidak ilmiah dan peristiwa sensasional. Oleh sebab itu banyak orang jadi menganggap bahwa parapsikologi bukanlah ilmu yang serius. Itu pula sebabnya tidak banyak orang yang tertarik untuk benar-benar meneliti fenomena psi.

Ketiga. Bukti-bukti tentang adanya fenomena psi memiliki signifikansi secara statistik. Namun, bagi orang yang tidak terlalu paham statistik hal tersebut sama sekali tidak mengesankan. Misalnya, dari 100 percobaan menebak kartu, seseorang bisa menebak 70 kartu secara benar. Dari sisi statistik, angka itu sangat mengesankan karena peluangnya adalah 50:50. Namun, dari kacamata masyarakat awam statistik, nilai 70 tidak mengesankan. Akan mengesankan jika dari 100 percobaan, bisa benar seluruhnya. Nah, kebanyakan hasil penelitian hanya mengesankan secara statistik.

Keempat. Jika seseorang ingin mempelajari bukti-bukti tentang fenomena psi, referensi tentang teknisnya sangat sedikit. Hanya segelintir jurnal profesional yang memuatnya dan dicetak sangat terbatas. Di Indonesia, sangat sulit untuk menemukan literatur tentang hal tersebut. Untuk menulis buku ini, saya harus mengambil dari internet, merujuk pada ahli-ahli di bidang parapsikologi di lembaga-lembaga penelitian parapsikologi. Sumber-sumber itulah yang bisa dipercayai.

Kelima. Banyak orang khawatir bahwa fenomena psi betul-betul nyata ada. Mereka takut mengetahui fakta bahwa hal itu ada disekelilingnya. Oleh karena itu mereka menolak untuk percaya. Ketakutan akan kebenaran adanya fenomena psi, mungkin disebabkan beberapa alasan, seperti misalnya :

  1. Fenomena psi terkait dengan berbagai kekuatan jahat, magis atau sihir jahat.
  2. Orang akan bisa membaca pikiran Anda dan tahu rahasia Anda. Bayangkan jika pikiran jelek dan nakal tentang orang lain diketahui orang tersebut. Betapa memalukannya.
  3. Anda tidak ingin tahu apa yang akan terjadi pada diri Anda sendiri atau orang lain, karena tidak ingin mengambil tanggung jawab karena mengetahuinya.

Satu fakta yang pasti dari fenomena psi adalah penyebarannya yang sangat luas. Boleh dibilang kepercayaan akan adanya psi ada di semua budaya. Seluruh suku-suku bangsa di dunia memiliki kepercayaan tentang psi. Termasuk suku-suku bangsa di Indonesia. Ada tiga kemungkinan penjelasan tentang fakta tersebut. Pertama, fenomena psi tidak ada dan semua laporan tentang hal-hal tersebut merupakan ilusi, delusi, harapan tanpa arah, keyakinan yang keliru, kesalahan laboratorium dalam pengujiannya, atau penipuan.

Kedua, fenomena psi ada. Hanya saja, ilmu pengetahuan saat ini belum bisa menjelaskannya. Suatu saat nanti, dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, fenomena tersebut akan bisa dijelaskan.

Teori kuantum, yakni teori tentang pergerakan materi dalam skala subatomik, merupakan teori yang digadang-gadang nantinya akan bisa menjelaskan fenomena psi. Hanya saja saat ini perkembangan teori kuantum belum sampai ke arah sana. Namun ada harapan bahwa teori tersebut akan bisa melakukannya. Atau setidaknya teori yang semacam itu akan bisa menjelaskannya nanti.

Ketiga, fenomena psi ada. Namun ilmu pengetahuan yang ada dalam bentuk sekarang ini, termasuk teori kuantum, tidak akan pernah bisa menjelaskan keberadaannya. Dibutuhkan model ilmu pengetahuan lain untuk bisa menjelaskannya. Saat ini, model itu belum ada. Jadi, tunggu saja, jika Anda cukup beruntung menjumpainya.

Beberapa keadaan terkait psi

Kondisi kesadaran berubah

Kondisi kesadaran berubah atau disebut altered states of consiousness dalam bahasa inggris, adalah kondisi yang oleh para ahli disebut sebagai keadaan dimana kekuatan psi mungkin bekerja jauh lebih baik. Kondisi kesadaran berubah mencakup bermimpi, hipnosis, trans (trance), meditasi, hipnagogik, dan lainnya.

Bermimpi, Anda tahu, adalah keadaan dimana Anda hanya memiliki sangat sedikit perhatian terhadap dunia luar. Terkadang, ada orang yang mengklaim mengalami mimpi-mimpi berupa prekognisi atau peramalan akan masa depan.             Kadangkala, ada juga yang merasa melihat sesuatu yang tidak pernah dilihatnya. Ternyata, itu adalah bangunan kuno di dalam tanah yang belum digali.

Keadaan hipnagogik, atau disebut juga hipnopompik, adalah keadaan peralihan dari keadaan jaga ke keadaan tidur. Dalam kondisi itu, seseorang mulai menurun kesadarannya akan dunia luar. Tubuhnya mulai relaks. Kondisi ini bisa membuat seseorang lebih mampu mengalami psi.

Meditasi adalah istilah untuk teknik mencapai keadaan kesadaran berubah melalui berbagai teknik. Meditasi menghasilkan kondisi yang relaks dan perasaan damai. Dalam kondisi tersebut, kemampuan psi seseorang bisa muncul. Salah satu teknik meditasi, yakni yoga, dipercaya merupakan teknik yang bermanfaat untuk bisa mengalami fenomena psi.

Hipnotis

Hipnotis adalah suatu keadaan semacam tidur namun masih dapat memberikan perhatian pada suatu hal dan sangat mudah disugesti. Orang yang ahli bisa menghipnotis orang lain, sebagaimana sering ditunjukkan dalam pertunjukan di televisi oleh Tomy Rafael atau Dedy Corbuzier. Dengan teknik tertentu, mereka bisa mensugesti seseorang untuk bertindak sesuatu, tanpa orang itu sendiri menyadari apa yang dilakukannya. Hipnotis terkadang juga dilakukan oleh ahli terapi psikoanalisa untuk menyembuhkan pasien gangguan jiwa.

Diketahui bahwasanya dalam kondisi hipnotis bisa terjadi fenomena persepsi ekstra sensorik atau indera keenam. Dalam eksperimen di laboratorium, mereka yang dihipnotis memiliki performa lebih baik dalam tes uji clairvoyance, telepati mapun perkognisi. Mengapa hal tersebut terjadi masih belum jelas hingga saat ini. Namun, mungkin saja dalam kondisi terhipnotis, seseorang sedang dalam keadaan sangat relaks atau santai sehingga lebih mungkin memunculkan psi. Selain itu, dalam kondisi hipnotis, seseorang lebih sedikit mengalami gangguan dari pikiran atau dari sensasi fisik yang datang. Orang yang terhipnotis juga sangat mudah disugesti. Jadi, mereka bisa didorong untuk percaya diri akan kemampuan psinya dan menghilangkan ketakutan (diketahui bahwa rasa takut dalam kondisi normal akan mengganggu kemampuan indera keenam).

Jadi, baik faktor fisiologis maupun psikologis ikut berperan menambah performa mereka dalam tes uji indera keenam. Bisa karena dalam kondisi sangat relaks atau sangat santai, dan atau karena disugesti oleh penghipnotis.

Efek percaya dan tidak percaya (The Sheep – Goat Effect)

Dalam parapsikologi dikenal istilah sheep-goat effect. Jika diterjemahkan secara literer ke dalam bahasa indonesia, maka akan menjadi efek domba-kambing. Namun, makna sebenarnya adalah efek percaya dan tidak percaya. Secara sederhana, jika Anda percaya bahwa Anda memiliki kekuatan psi, maka Anda akan lebih mampu melakukannya ketimbang mereka yang tidak percaya.

Penelian tentang hal tersebut dilakukan pertama kali oleh Profesor Gertrude Schmeidler, dari City University ogf New York, Amerika Serikat. Ia membuat kuisioner untuk mengetahui keyakinan mahasiswa tentang psi. Sheep (domba), digunakan sebagai istilah untuk mereka yang percaya bahwa psi adalah realitas nyata. Goat (kambing) digunakan sebagai istilah untuk mereka yang ragu keberadaan psi dalam sebuah tes. Setelah mengisi kuisinoner, ia memberikan tes psi klasik, yakni kartu ESP kepada mahasiswa. Hasilnya, mereka yang percaya (sheep atau domba) memiliki hasil jauh lebih baik daripada mereka yang tidak percaya (goat atau kambing).

Anda, seperti semua orang lain, cenderung untuk hanya memilih informasi yang sesuai dengan yang diyakini serta menghindari dari informasi yang tidak sesuai. Jika Anda tidak percaya tentang psi, maka mungkin Anda mengabaikan semua informasi yang mungkin merupakan fenomena psi. Sebaliknya, jika Anda percaya psi, maka setiap informasi yang mungkin ada kaitannya dengan psi akan Anda perhatikan. Bahkan, kepercayaan itu juga bisa membuat Anda mengalami fenomena psi.

Intinya, jika Anda percaya psi, maka Anda lebih mungkin mengalami fenomena psi.

Terapan kekuatan psi

Penyembuhan psi atau penyembuhan jarak jauh

Barangkali tidak ada yang lebih ajaib dalam fenomena psi, selain penyembuhan psi atau penyembuhan jarak jauh. Seseorang dianggap memiliki kemampuan untuk menyembuhkan seseorang yang sedang sakit tanpa ada intervensi medik apapun. Paling banter, penyembuh hanya menyentuh tubuh si sakit, misalnya dengan menggenggam tangan si sakit. Salah satu bentuk penyembuhan psi adalah berdoa. Kadangkala, penyembuh malah tidak melihat si pasien karena pasien berada terpisah jauh dengannya. Hal tersebut dikenal dengan istilah penyembuhan jarak jauh.

“Berkat doa Anda semua, maka saya sembuh!” demikian ucap seseorang yang baru sembuh dari sakit. Jika ucapan itu bukan basa-basi, tentu si sakit mengakui bahwa ada kekuatan psi yang telah bekerja menyembuhkan dirinya melalui doa-doa yang dipanjatkan orang-orang untuknya.

Bentuk ekstrim dari penyembuhan psi adalah pembedahan psi. Tanpa pembedahan tubuh, tanpa infeksi, tanpa pendarahan, sesuatu yang ada dalam tubuh bisa dikeluarkan. Praktek semacam itu banyak diiklankan di media massa. Misalnya iklan dari paranormal yang bisa menyembuhkan tumor rahim tanpa pembedahan.

Penyembuhan psi atau jarak jauh merupakan bagian dari psikokinesis, yakni memanipulasi benda-benda atau materi dengan kekuatan pikiran atau psi. Sang penyembuh mampu mempengaruhi sistem biologis pasien. Dalam parapsikologi, kemampuan psikokinetik untuk mempengaruhi organisme hidup disebut dengan istilah bio-pk. Selain untuk penyembuhan, yang lain di antaranya adalah mempercepat pertumbuhan biji, mempercepat pertumbuhan bakteri, mengurangi rasa sakit, dan lainnya.

Banyak eksperimen dilakukan untuk membuktikan keberadaan bio-pk. Salah satu eksperimen bio-pk dengan binatang, dilakukan oleh Bernard Grad dari McGill University, Amerika Serikat. Ia berusaha mencari tahu apakah benar seseorang lewat kemampuan psi-nya bisa menyembuhkan binatang. Ia mengumpulkan 300 tikus yang sengaja dilukai melalui pembedahan dan secara acak dibagi ke dalam tiga kelompok. Kelompok tikus pertama, coba diobati oleh Oscar Esteban (penyembuh yang sama yang melakukan praktek penyembuhan pada eksperimen Krieger). Kelompok tikus kedua, coba diobati oleh mahasiswa kedokteran yang skeptis terhadap praktek tersebut. Sedangkan kelompok ketiga tidak diperlakukan apa-apa.

Hasilnya, kelompok pertama yang dicoba disembuhkan Oscar mengalami penyembuhan jauh lebih cepat dibanding kelompok kedua dan ketiga. Sedangkan kelompok kedua, malahan menghasilkan kondisi tikus yang lebih buruk dibandingkan kelompok ketiga yang tidak diberi perlakuan apa-apa.

Eksperimen kasus penyembuhan psi yang paling dikenal luas adalah yang dilakukan oleh Krieger pada pasien di rumah sakit. Ia berpikir bahwa mungkin penyembuh psi membantu pasien meningkatkan vitalitasnya secara umum, seperti misalnya kemampuan tubuh melawan penyakit. Nah, karena vitalitas tubuh terkait dengan metabolisme dan konsumsi oksigen, yang bisa diketahui secara objektif dari tingkat hemoglobin dalam sel darah, maka di ambillah sampel darah dari masing-masing pasien, baik sebelum atau sesudah penyembuhan psi, untuk menentukan apakah ada perubahan signifikan sebagai hasil dari penyembuhan psi.

Penyembuh psi yang diminta melakukan praktek penyembuhan pada pasien adalah Oscar Estebany, orang Hongaria, yang memiliki reputasi penyembuhan psi dengan menyentuhkan tangannya pada pasien. Ia melakukan praktek penyembuhan terhadap 49 orang pasien, yang menderita beragam penyakit. Sementara itu, Krieger memilih 29 pasien dengan masalah medik yang sama sebagai kelompok kontrol, yang tidak menerima praktek penyembuhan.

Setelah membandingkan kelompok eksperimen (49 pasien yang coba disembuhkan Oscar) dengan kelompok kontrol (29 pasien yang tidak disembuhkan Oscar), hasilnya mendukung pendapat bahwa penyembuhan psi memiliki efek terhadap vitalitas tubuh. Kelompok eksperimen memiliki tingkat hemoglobin yang meningkat jauh lebih tinggi ketimbang kelompok kontrol. Kondisi kelompok eksperimen juga memiliki keadaan yang lebih baik ketimbang kelompok kontrol.

Krieger tidak berhenti di sana, ia menindaklanjuti eksperimen tersebut. Para pasien kelompok eksperimen dan kelompok kontrol didatangi dan diuji kembali tingkat hemoglobinnya setelah satu tahun eksperimen. Hasilnya mengejutkan, karena kelompok eksperimen secara statistik tetap memiliki tingkat hemoglobin yang tinggi.

Penelitian lainnya dilakukan di dalam laboratorium. Dalam sebuah lab, seseorang diukur ANS-nya (autonomic nervous activity), yakni bagian dari tubuh yang berfungsi secara otomatis, seperti denyut jantung, pernafasan, gerak peristaltik kerongkongan (gerak menelan), dan GSR (galvanic skin response) atau aktivitas listrik di kulit.

Prosedur penelitiannya adalah sebagai berikut : “Subjek duduk dalam sebuah ruangan dimana fisiologis Anda dapat dimonitor. Lalu, peneliti mengundang penyembuh jarak jauh untuk duduk di ruangan yang berbeda dan berjauhan dengan subjek. Tidak ada komunikasi sensorik antara subjek dan penyembuh. Peneliti meminta penyembuh dengan acak pada saat tertentu untuk mempengaruhi fisiologis subjek dari jarak jauh dengan cara menenangkan subjek. Peneliti kemudian membandingkan ANS subjek selama tes berlangsung ketika penyembuh berusaha menenangkan subjek, dengan ketika penyembuh tidak melakukan apa-apa”

Hasilnya, ada bukti statistik kuat yang mendukung ide bahwa terdapat perubahan pada subjek meskipun tidak ada kontak sensorik. Artinya, ANS subjek berubah pada saat penyembuh berusaha menenangkan subjek. Harap dicatat, karena perlakukan dilakukan secara acak, maka subjek  tidak akan tahu kapan penyembuh mengirimkan sinyal kepada subjek.

Psi arkeologi

Psi arkeologi adalah istilah untuk kerja-kerja penggalian arkeologis dengan bantuan kekuatan psi. Misalnya menentukan letak candi, letak harta karun, letak barang-barang kuno atau yang lainnya yang terkubur di dalam tanah. Bayangkan, jika penggalian dilakukan asal saja, boleh jadi akan terjadi pemborosan biaya besar-besaran karena salah gali. Dengan adanya bantuan psi arkeologi, maka posisi dan letak candi diharapkan bisa diketahui dengan setepat-tepatnya.

Anda mungkin sering mendengar adanya pemburu harta karun atau pusaka yang terkubur di dalam bumi. Para pemburu tersebut berupaya menarik benda-benda yang ada di dalam perut bumi. Terlepas benar tidaknya, para pemburu harta karun tersebut menerapkan praktek psi arkeologi.

Salah satu praktek psi arkeologi yang terdokumentasi dengan baik adalah penggalian kota kuno Alexandria , yang didirikan oleh Alaxander Agung dari Makedonia, Yunani, beberapa ribu tahun lalu. Pimpinan proyek penggalian, yakni Stephan Schwarzt, meminta orang yang memiliki reputasi melakukan psi arkeologi, yakni Hella Hamid, untuk membantunya menentukan lokasi perpustakaan kota Alexandria.

Saat masih di Amerika Serikat, Hella Hamid telah menentukan lokasi yang harus digali untuk bisa menemukan perpustakaan. Ia juga mengatakan bahwa tempatnya ada pada sebuah jalan menyempit berupa lorong yang diapit dua dinding tinggi. Saat tiba di Alexandria, ia secara langsung mengarahkan mobil ke area yang dia tunjukkan, meskipun dia belum pernah ke Alexandria sebelumnya. Setelah penggalian, terbukti bahwa Hella Hamid benar.

Dowsing

Upaya untuk mengetahui apa yang tersembunyi di dalam tanah selain dilakukan melalui psi arkeologi, juga bisa dilakukan dengan teknik teknik dowsing, yakni teknik untuk menentukan lokasi air bawah tanah, bahan-bahan tambang atau mineral, dan metal, yang umumnya menggunakan informasi tentang kondisi geologis di suatu tempat. Eksplorasi minyak dengan mengumpulkan beragam jenis bebatuan yang ada di suatu tempat, yang sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan minyak, merupakan salah satu jenis dowsing.

Nah, dipercaya, kekuatan psi juga bisa membantu untuk melakukan dowsing. Tanpa perlu mengeluarkan dana besar untuk riset, bisa diketahui lokasi yang ada kandungan minyaknya atau kandungan air bersihnya, atau yang lainnya.

Biasanya, para dowser (pelaku dowsing dengan kekuatan psi), melakukan dowsing dengan pendulum, yakni benda yang digantung dengan tali atau tongkat dari titik tetap sehingga dapat berayun dengan bebas oleh pengaruh gaya berat. Jika Anda pernah melihat jam bandul, nah, mirip seperti itulah proses kerja pendulum. Pendulum yang dipegang oleh seorang dowser akan berhenti bila berada tepat di atas lokasi yang dicari.

Salah satu praktek dowsing yang terkenal adalah yang dilakukan oleh Verne Cameron di California Selatan, Amerika Serikat, untuk menentukan lokasi air bawah tanah di kota kecil Elsinore, yang dipercaya tidak memiliki kandungan air. Oleh sebab itu, air untuk kota itu disuplai dari kota Los Angeles. Cameron lantas mengungkapkan bahwa sebenarnya di Elsinore terdapat tempat dimana air bawah tanahnya melimpah. Pemerintah kota lantas mengujinya, dan terbukti bahwa Cameron benar. Bahkan, mereka menemukan sumber air terbesar di California Selatan.

Remote Viewing

Remote viewing adalah bagian dari clairvoyance. Mereka yang memiliki kemampuan ini, bisa menggambarkan keadaan suatu wilayah, bangunan atau lansekap tertentu dari jarak jauh tanpa menginderanya. Mereka bisa mengetahui kondisi-kondisi geografis di suatu wilayah meskipun belum pernah melihatnya, apalagi mengunjunginya, seolah-olah merekaa paham betul wilayah itu.

Praktisi paranormal yang dimintai tolong pihak tertentu untuk menemukan anak hilang, biasanya menggunakan daya remote viewing ini. Jawaban dari mereka biasanya keadaan lokasi tempat dimana anak itu berada, misalnya berada diantara dua sungai, didekatnya ada jembatan batu, tidak jauh dari sana ada pohon beringin besar, dan semacamnya.

Dua orang ilmuwan dari Universitas Stanford, di Stanford Research Institute, yakni Russel Targ dan Hal Puthoff, melakukan beberapa eksperimen untuk membuktikan keberadaannya. Ada beberapa tahap eksperimen yang dilakukan. Pertama, mereka memilih beberapa subjek penelitian berupa orang-orang yang sangat tertarik dengan eksperimen tersebut. Kedua, subjek penelitian diberitahu bahwa remote viewing adalah kemampuan yang sangat umum dimiliki orang. Ketiga, kontrak singkat dibuat di mana subjek setuju bahwa dalam waktu tertentu, satu atau beberapa peneliti akan keluar laboratorium, dan datang secara acak ke suatu tempat tertentu dan berada di sana selama sekitar 15 menit untuk melihatnya, memikirkannya, menyentuhnya dan lainnya. Subjek diberi kesempatan untuk secara fisik berinteraksi dengan peneliti tersebut. Keempat, peneliti lain bersama subjek, berada di dalam laboratorium dan merekam kesan yang didapatkan subjek. Baik peneliti maupun subjek tahu bahwa peneliti yang keluar berada dalam radius 20-30 menit naik kendaraan. Kelima, setelah kembali dari lokasi, peneliti yang keluar itu mengajak subjek ke lokasi sebenarnya untuk mencocokkan dengan kesan yang diperoleh subjek. Hasilnya, banyak kesan-kesan subjek cukup akurat.

Bisakah memperkirakan dadu yang akan keluar?

Anda pernah ikut permainan dadu? Dadu adalah kotak persegi bersisi 6, yang pada masing-masing mata dadunya diberi simbol 1, sampai 6. Setelah dikocok didalam semacam kotak tertutup, lalu dadu didiamkan. Para petaruh dipersilahkan menebak mata dadu yang bakal keluar. Jika tebakan mata dadunya tepat dengan yang keluar, maka si petaruh mendapatkan hadiah.

Bayangkan, jika Anda memiliki kemampuan psikokinetik sehingga bisa memanipulasi mata dadu yang akan keluar, alias Anda bisa membuat mata dadu yang Anda inginkan saja yang keluar. Anda tentu akan menjadi petaruh yang kaya raya. Jika banyak orang bisa melakukannya, rumah judi bakal bangkrut. Namun, kenyataannya, rumah judi tetap saja tumbuh subur dimana-mana. Artinya, jarang orang mampu secara psikokinetik memanipulasi dadu.

Secara teoritis, hanya 1% keuntungan yang bisa diambil oleh rumah judi. Ini berarti, dari 100 ribu rupiah yang Anda pertaruhkan, setelah bermain lama, Anda paling tinggi akan kembali mendapatkan 99%-nya, yakni 99 ribu rupiah. Seribu rupiah, akan menjadi keuntungan rumah judi. Tapi mengapa, umumnya penjudi kehilangan uang jumlah besar dan rumah judi meraup keuntungan sangat besar?

Menurut sebagian ahli, hal itu disebabkan karena penjudi jarang bermain secara konsisten. Jika bermain dadu, menebak dadunya selalu berubah-ubah. Jika ingin menang, Anda harus konsisten memainkan sebuah strategi dan dilakukan dalam jangka panjang, dan berhenti ketika Anda menang. Jika terus dilanjutkan, Anda tetap akan kehilangan uang Anda, sekurang-kurangnya 1%.

Semua rumah judi selalu mengalami keuntungan stabil dalam jangka panjang. Namun ada kalanya terjadi fluktuasi, di mana ada seseorang atau beberapa orang yang memenangkan permainan dalam jumlah besar. Pada saat seperti itu, diperkirakan bahwa rumah judi menjadi korban kekuatan psi yang dimiliki penjudi. Namun, itu masih spekulasi dan perlu dibuktikan kebenarannya.

Intuisi

Intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Sepertinya pemahaman itu tiba-tiba saja datangnya dari dunia lain dan di luar kesadaran. Misalnya saja, seseorang tiba-tiba saja terdorong untuk membaca sebuah buku. Ternyata, di dalam buku itu ditemukan keterangan yang dicari-carinya selama bertahun-tahun. Atau misalnya, merasa bahwa ia harus pergi ke sebuah tempat, ternyata di sana ia menemukan penemuan besar yang mengubah hidupnya. Namun tidak semua intuisi berasal dari kekuatan psi. Sebagian intuisi bisa dijelaskan sebab musababnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam jajaran puncak bisnis atau kaum eksekutif memiliki skor lebih baik dalam eksperimen uji indera keenam dibandingkan dengan orang-orang biasa. Penelitian itu sepertinya menegaskan bahwa orang-orang sukses lebih banyak menerapkan kekuatan psi dalam kehidupan keseharian mereka, hal mana menunjang kesuksesan mereka. Salah satu bentuk kemampuan psi yang sering muncul adalah kemampuan intuisi. Tidak jarang, intuisi yang menentukan keputusan yang mereka ambil.

Sampai saat ini dipercaya bahwa intuisi yang baik dan tajam adalah syarat agar seseorang dapat sukses dalam bisnis. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak buku-buku mengenai kiat-kiat sukses selalu memasukkan strategi mempertajam intuisi.

Fotografi psi, Aura & Persepsi dermo-optik

Fotografi psi

Anda mungkin sering melihat ada foto yang di dalamnya terekam gambar sesuatu yang misterius, yang sering disebut hantu. Seringkali suratkabar bahkan memuat foto-foto tersebut. Seolah-olah benar bahwa hantu itu ada dan terekam foto. Namun ada penjelasan lain, tentang fenomena tersebut. Menurut para peneliti, adanya sosok misterius itu adalah bayangan mental seseorang yang diproyeksikan orang ke dalam film. Jadi, bukan benar-benar foto hantu. Gambar yang tertangkap foto itu hasil dari kekuatan psi manusia.

Aura

Aura adalah radiasi yang bercahaya yang menyelubungi tubuh seseorang. Cahayanya bisa bermacam-macam tergantung pada kondisi dari orang yang bersangkutan. Aura dianggap sebagai daerah elektromagnetik yang mengelilingi tubuh. Saat ini ada alat yang diklaim bisa mendeteksi radiasi tak dikenal yang mengelilingi tubuh, atau aura, yakni ‘kirlian photography.’

Persepsi dermo-optik

Persepsi dermo-optik adalah kemampuan seseorang untuk membedakan warna-warna dan tingkat ‘keterangan’ suatu benda, hanya dengan menyentuhnya. Anda cukup menyentuh bola (tanpa melihatnya), maka Anda bisa tahu warna bola, dan seberapa terang bola itu. Istilah lain untuk persepsi dermo-optik adalah skin vision atau dermo vision.

Penampakan

Penampakan adalah sebuah pengalaman yang dialami seseorang, berupa mengindera (bisa melihat, mendengar, merasakan, atau membaui) kehadiran sesuatu yang berada di luar nalar sensorik manusia. Salah satu bentuk penampakan yang paling populer adalah melihat hantu.        Jika Anda merasa melihat hantu namun tidak ada efek yang ditimbulkan terhadap benda-benda fisik di sekitar Anda, maka mungkin saja Anda sebenarnya hanya mengalami halusinasi. Meskipun tetap ada kemungkinan yang Anda lihat adalah hasil dari kekuatan psi, berupa hantu.

Selain melihat hantu, terdapat beragam bentuk penampakan. Misalnya dari sebuah rumah kosong terdengar alunan suara musik dan suara orang bercakap-cakap dalam pesta. Di jalanan tertentu, pada malam hari sering terdengar suara orang melangkah dan munculnya bau-bauan khas tertentu. Atau di rumah tertentu diselimuti udara sangat dingin, padahal di sekitarnya udaranya hangat.

Terkadang ada laporan bahwa di suatu tempat tertentu, mungkin juga di rumah Anda, terjadi lampu yang berkedip-kedip atau listrik mati hidup berulang-ulang. Kadangkala benda-benda bergerak sendiri. Hal-hal tersebut diistilahkan poltergeist dalam parapsikologi, dan sering dianggap sebagai manifestasi dari kehadiran hantu. Namun, hasil penelitian intensif oleh Willian G. Roll, menyimpulkan bahwa fenomena tersebut adalah psikokinesis spontan. Jadi, bukan merupakan pekerjaan hantu.

Mengapa ada yang bisa melihat hantu dan ada yang tidak? Apakah hantu benar-benar ada? Mungkin hantu tidak ada (tidak tertutup kemungkinan hantu ada). Barangkali, hantu yang dilihat orang adalah proyeksi dari psi yang dimiliki seseorang saja. Jadi, hantu berasal dari pikiran seseorang. Bukan sesuatu yang independen berada di luar sana. Itu sebabnya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat hantu. Lagi pula, gerakan benda-benda atau gangguan fisik terhadap benda-benda yang sering dianggap sebagai kerjaan hantu, toh ternyata merupakan psikokinesis spontan.

4 Tanggapan

  1. Kemampuan Cenayang

    Gunakan kemampuan anda untuk membantu diri sendiri dan orang lain, tetapi bukan untuk pamer. Kemampuan cenayang anda adalah kehidupan anda dan bukan untuk menjadi pusat perhatian. Penyalahgunaan kemampuan cenayang oleh seseorang dapat mengakibatkan kemampuan tersebut berbalik menghancurkan diri sendiri.
    Kemampuan cenayang adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi, Energy, atau kekuatan di dalam kesadaran kosmik, Serta kemampuan untuk memamfaatkan informasi, energy, atau kekuatan yang telah di peroleh.

    Saya akan memperlihatkan cara untuk menciptakan sasaran cenayang yang berguna bagi anda. Cara tersebut dapat membantu anda untuk mencapai sesuatu yang benar-benar anda inginkan, kuncinya, anda benar-benar menghendakinya. Banyak orang berharap agar terjadi perubahan. Tetapi, yang terjadi hanya sampai pada tahap harapan. Mereka tidak mempunyai keinginan kuat untuk melakukan perubahan. Agar harapan anda bisa menjadi kenyataan, anda harus mengikuti Hukum alam semesta.

    Keempat unsur berikut diperlukan untuk pencapaian kemampuan cenayang/Indera keenam:

    • Memiliki Harapan
    • Menciptakan Impian (Visualisasi )
    • Melepaskan Impian kedalam Pikiran Agung (Kepercayaan dan komitmen) Sambil tetap mempertahankan Visualisasi
    • Melakukan Tindakan Konstruktif (Latihan mengendalikan dan mengarahkan impian)

    Untuk menjadi seorang cenayang, anda hanya perlu mempelajari bagaimana agar otak memasuki alpa atau theta secara sengaja, visualisasi merupakan kunci untuk mencapai gelombang otak theta berdasarkan kehendak sendiri dan kemudian menggunakan keadan itu untuk mencapai keadaan cenayang. Anda cukup memejamkan mata, kemudian anda melakukan sejumlah latihan relaksasi, visualisasi bisa juga dengan meditasi dan membaca mantra maupun do’a.

    Mata Cenayang/penglihatan/cakra ajna:
    Sebagian besar cenayang banyak menggunakan indera penglihatan di dalam karya cenayang mereka. Ada dua macam penglihatan cenayang:
    Pertama, Menyangkut penglihatan citra, pemandangan, atau berbagai mahluk yang ada di dalam pikiran kita.
    Kedua, Menyangkut penglihatan citra, pemandangan, atau berbagai mahluk yang berada di luar pikiran kita. Dalam konteks ini, mahluk yang di maksud misalnya hantu, arwah, atau bias dengan merasakan kehadiran bahkan menyentuh entitas lain.

    Membuat Peka Mata Cenayang/Penglihatan :
    Pada malam hari, tanpa lampu yang menyala, tengoklah di sekeliling anda. Pelajari dan kenali bentuk yang anda lihat. Lakukan hal ini di tempat tidur ,diranjang anda, di halaman ruma, ketika anda berjalan-jalan di tempat lain.
    Pada saat ada mengenali bentuknya, katakanlah di dalam batin atau dengan suara keras( tersera anda ): “ Ternyata seperti ini bentuk ( sebutkan nama benda atau sesuatu yang anda lihat tersebut ) di kegelapan. Aku telah membuat penglihatanku semakin peka untuk mengenali berbagai benda di kegelapan dan di bawah cahaya apa pun secara akurat.”
    Pada siang hari yang cerah di tempat manapun dan kapanpun, sisihkan beberapa detik untuk mengamati apa yang ada di sekitar anda.
    Secara mental, ulangi apa yang anda lihat dan katakanlah: “ aku melatih pikiran cenayangku agar setiap saat dapat mengamati lingkungan secara akurat.”
    katakanlah: “ Aku memerintahkan pikiran bawah sadarku agar selalu mengingatkanku mengenai segala sesuatu yang perlu kulihat demi kepentinganku dan perlindungan bagi diriku. Dengan demikian, aku dapat berfungsi dengan kapasitas cenayangku secara penuh.”

    Prosedur awal ini bersifat ilustratif. Anda dapat mempraktikan kiat tersebut apa adanya. Atau, Anda juga bisa menciptakan latihan anda sendiri untuk mencapai penyesuaian yang serupa bagi pikiran cenayang anda.

    Ini merupakan jenis latihan yang bisa anda praktikan setiap hari selama beberapa detik. Sebab latihan ini bisa membuat pikiran cenayang anda semakin peka, Anda akan takjub ketika anda mengetahui banyak hal yang terdapat di lingkungan anda. Sebelumnya, anda tidak menyadari kehadirannya. Kekuatan yang memadai untuk melakukan pengamatan merupakan asset yang berharga..

    Terima kasih bila anda sudah memahami dan mampu mempraktekannya dengan baik dan benar serta dapat merasakan manfaatnya, Niat kami untuk membantu anda, itulah sebabnya kami berusaha untuk memberikan semua ilmu yang kami miliki kepada anda semua dengan cara yang lebih mudah, praktis, cepat dirasakan manfaatnya, ilmu ini berguna seumur hidup, sebelum ilmu ini kami berikan kepada anda, secara pribadi kami sudah uji coba dan di antara 160- orang yang memakai ilmu ini hanya 3 orang yang gagal itupun karena di sebabkan mereka malas belajar dan berlatih, sedangkan sebagian besar orang berhasil dalam menggunakannya.

    Keterangan:
    Kemampuan cenayang , indera keenam tidak mesti dengan bisanya melihat mahluk halus/aura tetapi ini juga bisa di buktikan ketika anda bisa merasakan sesuatu penomena (intuisi), Merasakan keberadaan mahluk halus, berkomunikasai dengan mereka bahkan bersentuhan.Sebelum melakukan latihan seperti petunjuk di atas, harap membaca mantra mata cenayang terlebih dahulu minimal 3-7 kali latihan. Gunakan Musik Meditasi bila ada, ini akan membantu anda dalam tahap latihan mata cenayang untuk memasuki trance theta. Jika ada kesempatan berpuasalah sebanyak 1 hari atau 3 hari di mulai pada hari kelahiran anda, ini bertujuan untuk meningkatkan power anda serta untuk mempercepat penguasaan ilmu cenayang.
    Keberhasilan anda, kebahagian buat kami
    Terima kasih

  2. Mendulang Asa Lewat Cenayang

    Saya akan membuat hidup Anda lebih bermakna. Kalimat itu menjadi jargon seorang paranormal terkenal di sebuah layanan telepon premium call tentang ramalan nasib, rezeki, dan jodoh, yang gencar ditayangkan stasiun televisi swasta.

    Urusan ramal meramal selalu mendapat tempat di hati para peminatnya dan mengusik rasa penasaran setiap orang. Ada yang 100 persen percaya, sekadar ingin tahu, atau iseng belaka.
    Ida, karyawan di sebuah kantor BUMN, di wilayah Surabaya bagian Timur, teringat zaman ia menjadi mahasiswa. Hampir setiap malam ia dan teman-temannya menghabiskan waktu mendengarkan ramalan tokcer seorang teman lewat kartu remi.

    Sebelum meramal sang teman ini menanyakan tanggal lahir teman yang jadi pasien. Kartu dikocok dengan hitungan tertentu, lalu teman yang diramal menunjuk salah satu kartu untuk kemudian dibaca nasibnya. Meski kegiatan ini kerap dilakukan, toh teman-teman satu kosnya Ida tak bosan minta diramal urusan asmara, masalah keluarga, hingga masa depan.

    “Tadinya aku juga cuma iseng, tapi kalau diingat-ingat, ternyata beberapa ramalan temanku itu banyak yang terjadi. Misalnya seperti dia bilang kalau saya akan bekerja di kantor pemerintah. Padahal waktu itu saya sama sekali menolak karena saya tidak suka kerja kantoran, apalagi kantor pemerintah,” beber Ida.

    Selain sukses ‘membaca’ masa depan Ida, ada lagi ramalan sang teman yang terbukti. Ida mengaku ramalan tentang hubungan asmaranya yang akan mengalami pasang surut dan kandas dengan beberapa pria, bahkan terjerat pria beristri, ternyata benar-benar ia alami. Hingga usianya yang sudah berkepala tiga, ia masih saja menjalani hubungan asmara tanpa arah, beberapa kali putus sambung. Ida sempat berpacaran dengan pria beristri, sebelum akhirnya ia tinggalkan.

    “Gara-gara itu saya sekarang cenderung percaya ramalan. Karena teman saya sudah tinggal di kota lain, saya ke peramal lain atau baca-baca buku primbon dan browsing di internet. Bolehlah saya ini disebut ramalan addict (pecandu ramalan),” kata Ida yang tak segan merogoh kocek buat membayar jasa cenayang.

    Ida yakin, beberapa orang dikaruniai kelebihan tertentu oleh Tuhan, seperti membaca garis nasib atau mengetahui kejadian di masa depan. Justru ia menjadikan ramalan sebagai ‘teguran’ Tuhan agar lebih berhati-hati.

    Tertarik Premium Call

    Etty Soraya, manajer humas sebuah hotel bintang lima memilih kegiatan ramal meramal sebagai hiburan semata. Jika ramalan baik, ia jadikan penyemangat hidup. Kalaupun buruk tak jadi soal dan tak usah jadi pikiran.
    Aya, sapaannya, mengaku pernah mampir ke cenayang kartu tarot ketika berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Karena gratis, ia tak keberatan kehidupannya dibaca. Ternyata tingkat akurasinya 50 persen saja.

    Aya menduga itu terjadi karena sejak awal ia tidak terlalu percaya dengan ramalan sehingga beberapa informasi pribadi tidak ia beber sepenuhnya. Ia mengaku orang yang sangat logis dan realistis.

    “Itu pertama dan terakhir aku diramal langsung. Sekarang, sih paling banter baca ramalan dari majalah atau pas browsing di internet. Ada, sih ramalan yang sekitar 80 persen benar di sebuah majalah,” kata Aya sembari menyebutkan nama sebuah majalah mingguan wanita terkenal dari Jakarta.
    Setengah percaya, toh Aya penasaran ingin mencoba ramalan lewat saluran telepon premium call. Kalaupun suatu saat bertemu dengan Mama Laurent, salah seorang cenayang kondang, Aya ingin juga ‘ditelanjangi’ kehidupannya.

    Seperti Ilmu Psikologi

    Dian Rishita Dewi, pembaca kartu tarot, mengatakan, soal membaca seseorang lewat kartu tarot sama halnya dengan teori pada ilmu psikologi. Bahkan, beberapa teori psikologi juga ia gunakan sebagai nilai tambah saat ia membaca garis kehidupan seseorang.

    Dalam kartu tarot, ia membaca gelombang alfa seseorang. Maksudnya, dengan melihat apa saja yang sudah dilakukan seseorang di masa kini, sudah bisa terbaca apa yang akan dialami orang tersebut di masa mendatang.

    ”Ibaratnya tarot itu sebuah potret ke depan dan alur itu sebenarnya sudah tergambar ketika saya berdialog dengan orang yang ingin dibaca (lewat tarot). Setiap orang itu mengeluarkan energi berbeda dan itu yang saya tangkap untuk kemudian terbaca dalam tarot,” papar Shita, yang tergabung dalam komunitas Surabaya Tarot atau perkumpulan para pembaca kartu tarot.
    Menurut Shita, itulah yang membedakan pembaca tarot dengan pembaca masa depan. Kartu tarot hanya bertugas membaca apa yang masih tersembunyi, bukan apa yang belum terlihat. Pendeknya, tarot bukan klenik dan ilmu sihir.

    Shita menyarankan jika seseorang ingin dibaca kehidupannya, semisal lewat tarot, sebaiknya sejak awal sudah membuka diri dan pikirannya. Penting untuk tahu benar masalah apa atau sisi kehidupan mana yang ingin dibaca oleh pembaca kartu tarot.

    ”Jangan hanya ingin ngetes semata, karena nanti hasilnya jadi kacau. Lagipula, aku biasanya juga suka kasih solusi sesuai dengan apa yang terbaca di tarot,” imbuh Shita.

    Jadi, percaya atau tidak percaya ramalan adalah hak Anda. Sekadar hiburan atau malah jadi panduan dalam hidup, sah-sah saja.

  3. Menyingkirkan Kendaraan secara Cenayang

    1. Masuki taraf cenayang dasar dengan mata tetap terbuka.

    2. Bila Anda mengetahui jenis kelamin pengemudi yang ada di depan Anda, sapalah secara cermat dengan panggilan Pak atau Bu

    3. Bila Anda tidak mengetahui jenis kelaminnya, Anda katakan, misalnya:
    “Hai pengemudi Mustang merah.”
    Atau, anda mengatakan ungkapan lain yang sopan menurut pilihan Anda.

    4. Secara mental, kira-kira Anda mengucapkan seperti ini:
    “Pak, saya amat perlu untuk mendahului Anda, tetapi Anda menghalangi jalan saya. Saya akan sangat menghargai kemurahan hati Anda bila Anda bersedia berpindah jalur sejenak secara aman sehingga saya bisa melintas dengan aman. Terima kasih.”

    5. Bila Anda sudah mendahuluinya, katakan secara mental:
    “Terima kasih, Pak. Saya sangat menghargai Bapak.”
    Bila Anda bisa menangkap perhatiannya, Anda seyogyanya menganggukkan kepala dan tersenyum kepadanya.

  4. Cenayang Untuk Meningkatkan kemampuan membaca dan belajar
    ________________________________________
    Kemampuan Cenayang Memberikan Anda Sebuah Cara Yang Praktis Serta Maha Dasyat Untuk Membaca Dan Belajar Tentang Segala Sesuatu Yang Ada Inginkan. Kemampuan Cenayang Dapat Membantu Anda Untuk Mengingat Dan Memahami Segala Sesuatu Yang Anda Pelajari misalnya indera ke enam, computer, ekonomi, dll. Metodenya Sangat Sederana.

    Metode Untuk Mendapatkan Pengertian Yang Maha Dasyat.

    1.Pejamkan Mata Anda.

    2.Katakana Dalam Hati :
    ” Dalam Beberapa Saat Lagi, Aku Akan Membuka Mata Dan Membaca………( Sebutkan Poin Yang Akan Anda baca ). Aku Akan Mendapatkan Pengertian Yang Maha Dasyat Mengenai Apa Yang Kubaca. Aku Juga Mampu Untuk Mengingat Apa Pun Yang aKu Baca Pada Saat Aku Mengiginkannya. “

    3.Lalu, Buka Mata Anda Dan Mulai Membaca.

    4.Setelah Anda Selesai Membaca, Pejamkan Mata Anda Dan Katakan :
    “Aku Baru Saja Membaca………( Sebutkan Lagi Materi/Poin Yang Anda Aca ). Aku Sangat Memahami Isinya Dan Dapat Mengingat Setiap Kali Aku Menghendakinya.”

    5.Buka Mata Anda Dan Lanjutkan Kegiatan Atau Aktivitas Lain Sepanjang Hari Seperti Biasanya.

    Anda Telah Menyimpan Informasi Tersebut Dan Itu Dapat Anda Gunakan Setiap Kali Anda Membutuhkannya Di Masa Mendatang.
    Anda Juga Dapat Menggunakan Metode Ini Untuk Mendengarkan Kuliah, sekolah, seminar dan keperluan lainnya. Hasilnya, Anda Akan Memilki Ingatan Yang Lebih Banyak Dan Pengertian Yang Lebih Besar Terhadap Informasi Yang Anda Dengar.

    Semoga Tuhan Menyatukan Hati Kita Dalam Tali Persaudaraan. Keberhasilan Anda, Kebahagian Buat Kami. Selamat Mencoba Dan Sukses Untuk Kita Semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: